BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Sistem merupakan kegiatan-kegiatan yang
berhubungan guna mencapai tujuan-tujuan tertentu. Setiap kegiatan memerlukan
sistem dan prosedur yang baik agar kegiatan dapat berjalan sebagaimana
mestinya. Sesuai dengan tujuan perusahaan, sumber daya manusia yang berkualitas
yaitu para karyawan yang melaksanakan pekerjaan sistem juga sangat menunjang
dalam keberhasilan suatu kegiatan perusahaan.
Evaluasi sitem dilakukan untuk
memperoleh informasi tentang sistem dan prosedur yang sedang berlaku pada suatu
perusahaan. Informasi yang dikumpulkan terutama mengenai kelebihan maupun
kekurangan sistem yang sedang berjalan dalam suatu perusahaan. Salah satu
kelebihan dan kekurangan sistem terletak dari kualitas informasi yang
dihasilkan dan distribusi informasi ke pemakai. Seperti halnya para penyiar
dituntut memiliki skill dalam berkominikasi dan memiliki wawasan yang luas.
Dengan adanya tuntutan tersebut dalam meningkatan
kualitas acara siaran maka dipandang perlu untuk melakukan evaluasi terhadap
penyiar dalam menjalankan tugas kesehariannya.
Berdasarkan uraian yang telah disebutkan
diatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Evaluasi
Kinerja Penyiar dalam Peningkatan Kualitas Acara Siaran ”
B.
RUMUSAN PERMASALAHAN
Bertolak dari latar belakang yang telah
dikemukakan, maka dapat dirumuskan permasalahannya adalah
“
Bagaimanakah hasil dari evaluasi kinerja penyiar dalam peningkatan kualitas
acara siaran”
C.
TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN
Adapun
tujuan penelitian yang diharapkan oleh peneliti adalah “Untuk mengetahui hasil
dari evaluasi kinerja penyiar dalam peningkatan kualitas acara siaran”.
Sedangkan Kegunaan dari
penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi
informasi/masukan untuk digunakan sebagai bahan perimbangan.
b.
Sebagai bahan literatur bagi pihak yang
akan melakukan penelitian berikutnya.
D.
METODOLOGI PENELITIAN
a. Tempat
dan waktu penelitian
Dalam
upaya untuk pengumpulan data dari skripsi ini, maka penulis memilih lokasi
penelitian . Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan
terhitung 26 november 2012 – 26 januari 2012
b. Desain
penelitian
Dalam
penelitian ini digunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan cara
menguraikan penerapan dan evaluasi kinerja penyiar.
c. Metode
pengumpulan data
Untuk
mencapai tujuan penulisan serta memperoleh informasi yang dibutuhkan, maka
pengumpulan data dilakukan denan cara :
1. Penelitian
lapangan (field research) yang
terdiri dari :
a) Observasi
langsung yaitu pengumpulan data melalui pengamatan langsung terhadap objek yang
diteliti dalam hal ini penyiar dengan jalan mengamati dan
mencatat hasil pengamatan
b) Interview
yaitu tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk mendapatkan
keterangan lisan melalui percakapan atau berhadapan muka dengan para penyiar
dengan memberikan keterangan kepada peneliti yang berhubungan dengan penulisan
ini.
d. Sumber
data
Sumber
data yang digunakan dalam penulisan ini adalah:
Data
sekunder adalah data yang diperoleh maupun dokumen-dokumen
E.
SISTEMATIKA PENULISAN
1.
Bagian
Pendahuluan
Halaman Judul
Halaman Ikhtisar
Halaman
Persetujuan
Halaman Kata
Pengantar
Halaman Tabel
Halaman Daftar
Gambar
2.
Bagian Inti
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan
Permasalahan
C.
Tujuan dan
Kegunaan Penelitian
D.
Metodologi
Penelitian
E.
Sistematika
Penelitian
BAB II LANDASAN TEORI
A.
Teori Pendukung
Umum
B.
Teori Pendukung Khusus
BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
A.
Tempat dan Waktu
Penelitian
B.
Sejarah
Perusahaan
C.
Struktur
Organisasi
BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN
A.
Analisa
Penelitian
B.
Pembahasan
Penelitian
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
B.
Saran
3.
Bagian Akhir
Daftar Kepustakaan
Lampiran-lampiran
BAB II
LANDASAN TEORI
A.
TEORI PENDUKUNG UMUM
B.
TEORI PENDUKUNG KHUSUS
No comments:
Post a Comment