Monday 5 October 2015

PRASANGKA BURUK


Sahabat Kreatif,,,

Buat kamu-kamu, apakah pernah ada prasangka buruk terhadap seseorang??? Entah itu sahabat kamu, teman kamu, saudara kamu atau bahkan orangtua kamu??? Ichhh ngeri yachhh??? Tapi mau diapa lagi,, setiap orang pasti pernah berprasangka buruk kepada orang lain.

Nah,,,
Kira-kira apa yachh yang menjadi pemicu kita berprasangka buruk terhadap seseorang??? Apakah secara psikologis berparasangka kepada orang lain itu baik??? Trus solusinya bagaimana???

Sahabat keratif,,,


Sebaiknya kamu-kamu membuang Jauh Prasangka Buruk terhadap orang lain dechhh.

Stop berprasangka buruk sama seseorang, karena itu sama saja seperti menanam benih kebencian. Alih-alih dapat teman baru, malah menambah musuh. Hati pun bisa jadi panas terus karena pikiran kita didominasi oleh hal-hal negatif yang belum tentu benar adanya. Yuk, segera kita hentikan!!! Dengan cara....

 
Berpegang pada Fakta

Karena asalnya dari penilaian kita pribadi, rasanya nggak fair ya, kalau kita berpegang sama prasangka negatif. Jadi, cek dan ricek dulu fakta yang sebenarnya sebelum menuduh yang bukan-bukan.

Belajar tentang Perbedaan

Berbeda bukan berarti konflik, lho. Jadi, munculkan kesadaran dalam diri kita, bahwa setiap individu itu berbeda. Semakin kita nggak bisa menerima perbedaan, maka semakin gampang kita menempelkan cap buruk sama orang lain.

Jangan Cepat Menyimpulkan

Sedikit mirip dengan poin berpegang pada fakta, keinginan kita untuk cepat menyimpulkan sesuatu itu sebenarnya nggak baik. Misalnya nih, kelas kita kedatangan sobat baru yang pendiam. Kita terus menduga dia orangnya sombong dan ogah menegur. Hmm, padahal kenyataannya, bisa jadi dia pemalu, kan? Rugi banget tuh, kehilangan sobat Cuma karena prasangka yang nggak benar.

No comments:

Post a Comment