Monday 5 October 2015

Buku vs Gadget… Pilih Mana?



Sahabat kreatif,

Tak dipungkiri lagi dunia internet sudah merupakan dunia semua kalangan di zaman ini. Menjelajahi dunia oleh setiap kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa hingga usia lanjut masih tetap setia pada dunia maya. Tiada hari tanpa membaca, tiada hari tanpa memantau berita dan tiada hari tanpa mengenal dunia. Paling tidak ya sekedar mengetahui aktivitas rekan-rekan terdekat via online.

Nah,,,
Tetapi apakah ,elkaukan semua hal harus dengan gadget??? Lantas keberadaan buku gimana dong sahabat kreatif??? Haruskah buku itu tidak perlu dilirik lagi??? Bagaimana tanggapan kamu terkait Gadget vs Buku ini??? Trus apakah ada pengaruhnya terhadap psikologis seseorang terkait hal ini???

Sahabat kreatif,,,,

Berbicara tentang topik kita hari ini, emang sih membuat dilema, karena keberadaan buku yang selalu menghiasa hari-hari kamu, entah pada saat belajar, baca komik sekarang udah mulai tergantikan oleh yang namanya gadget. Coba ya kita lihat perbandingan antara gadget dan buku...

Gadget sudah pasti menjadi pilihan sebagai pelengkap untuk menjelajahi dunia maya. Gadget merupakan alat fungsi praktis spesifik yang berbau teknologi. Simple, ringan, berukuran mini, praktis dan itu yang membius orang-orang harus memilikinya. Gadget yang dikoneksikan internet mengajak setiap orang dengan cepat menjelajahi dunia, kapanpun dan dimanapun. Online sudah menjadi kebiasaan rutin bahkan sudah menjadi kebutuhan hidup individu setiap hari. Ingin mencari defenisi, informasi, bahkan referensi, orang-orang dengan gampang saja menggunakan gadget pribadi. Lebih memudahkan dan lebih mengefisienkan waktu.
Indonesia sebagai negara konsumsi terlebih pada teknologi terlihat sangat mengagungkan gadget sebagai teman yang menguntungkan untuk berinteraksi di dunia maya. Sudah pasti situs-situs tertentu menjadi pilihan utama untuk disinggahi sebagai kegiatan rutin per hari.
Sahabat kreatif,,,
Gadget yang tak lepas di tangan selain membawa efek positif, sudah pasti membawa efek negatif pula. Memang sangat memudahkan dalam mengakses informasi sebagai upaya memantau berita. Lain halnya bila mencari defenisi dan referensi. Lihat saja di kalangan pelajar ataupun mahasiswa, dengan semakin mudahnya akses ke internet dapat dengan cepat mencari defenisi sesuai kebutuhan dari banyak sumber-sumber yang disediakan, begitu pula halnya bila mencari referensi untuk sebuah karya tulis.
Hasil yang banyak dan sumber yang banyak ditemukan justru lebih sulit mengingatnya satu per satu. Ketika meng-klik dari satu link ke link lainnya hanya dalam durasi tertentu yang sangat terbatas mengingat sedikitnya waktu yang tersisihkan untuk mengakses situs-situs defenisi dan referensi ketimbang mengakses situs-situs sosial media akan menimbulkan efek tertentu. Sudah jelas, banyak web/blog yang tersedia sebagai sumber untuk defenisi dan referensi oleh yang membutuhkan. Banyak dan pada akhirnya membingungkan untuk dipilih mana yang penting dari yang terpenting. Sedikit waktu kesempatan membaca pada akhirnya membuat gampang lupa.
Nah, efektif dan efisienkah itu? hehe…

Lalu, bagaimana dengan buku? Masih banyak kah penggemarnya? Masih kah ada yang tetap setia memegang buku? Secanggih-canggihnya gadget saya rasa orang-orang masih tetap dan selalu ingin memiliki buku. Kita masih akan tetap membutuhkan buku. Banyak manfaat dari membaca dan menguasai isi buku yang pernah dibaca. Membaca satu buku akan memberi manfaat banyak pada perubahan diri. Dari hal yang kecil saja, banyak kata-kata/pernyataan-pernyataan dalam sebuah buku secara tidak langsung sudah membentuk pola pikir baru, merubah perspektif dahulu.
Coba saja bandingkan bagaimana generasi terdahulu yang lebih banyak belajar menggunakan buku ketimbang generasi sekarang yang memudahkan segalanya dengan teknologi canggih (gadget).
Nah, jelas saja sudah terlihat bahwa generasi sekarang sebahagian sudah memilih belajar menggunakan gadget ketimbang harus menyisihkan waktu banyak untuk belajar menggunakan buku.

Hipotesis tentang Buku vs Gadget;
  1. Membaca buku jauh lebih awet di dalam ingatan ketimbang harus membaca banyak hal yang hanya diakses via gadget. Banyak baca, banyak lupa. Banyak mengingat, jauh dari lupa. Memegang buku lebih mengizinkan waktu untuk mengingat.
  2. Memegang gadget memang jauh lebih ringan dan praktis daripada harus memegang tumpukan buku yang lebih mengorbankan tenaga. Tetapi, belajar dengan buku sesering mungkin jauh lebih mencerdaskan daripada belajar dengan gadget yang melalaikan waktu.
  3. Menggunakan gadget terbatas pada daya baterai, sering digunakan berarti pengurangan daya baterai yang berlebihan. Lain halnya dengan buku yang kapan saja bisa digunakan sesuka hati dan sesering mungkin.
  4. Mengoleksi buku merogoh kocek yang cukup ringan, sedangkan mengoleksi gadget harus merogoh kocek yang berat hingga jebol.
  5. Memiliki buku-buku hanya melakukan perawatan yang sederhana, sedangkan memiliki banyak gadget membutuhkan perawatan yang extra.
  6. Harga 1 (satu) gadget sudah dapat membeli beberapa tumpukan buku yang digemari.
  7. Gadget jelas memiliki efek radiasi yang membawa penyakit bagi para penggunanya, lain halnya memegang buku tanpa efek apapun, kecuali anda akan merubah persepsi sebagai pengembangan kualitas diri.
So… Book or Gadget? Which one?


No comments:

Post a Comment