Monday 5 October 2015

INSOMNIA DI KALANGAN REMAJA



Sahabat Kreatif,,,

Pernah ga’ kamu ngerasain sulit tidur saat malam hari??? Mungkin semalam kamu-kamu gelisah, balik kiri, kanan, tengkurap, telentang tetapi tetap saja mata kamu-kamu ga’ bisa terpejam. Itu namanya Insomnia lho sahabat kreatif. Wow,, parah nih,, masih remaja tetapi sudah terserang insomnia. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini sahabat kreatif, bisa saja karna masih ada masalah yang kamu pikirkan dan belum mendapatkan solusi, bisa juga karena galau dan gelisah, atau mungkin ada hal-hal lain yang salah yang kamu lakukan semalaman sebelum tidur.

Nah,,,
Kalau semalam ga’ bisa tidur akibatnya saat ini di sekolah ngantuk ga’ bisa dibendung. Ada ga’ diantara kamu-kamu yang hari ini ngantuknya masih terasa? Hehehehe,, sebentar sahabat kreatif kita akan coba memperbincangkan pengaruh psikologis terhadap para remaja yang sudah mulai terserang Insomnia. Apakah ada pengaruh karakter yang bisa terjadi pada diri remaja akibat susah tidur / insomnia???


Sahabat keratif,,,

Ternyata bukan hanya gala saja yang dapat membuat kamu-kamu susah tidur. Nah ternyata ada juga beberapa penyebab yang bermula dari kebiasaan kamu-kamu sebelum tidur nich sahabat keratif.

 

5 Hal Penyebab Insomnia

Normalnya tubuh kita memerlukan waktu 8 jam untuk tidur. Jika kurang beristirahat, tubuh rentan terserang gangguan kesehatan. Untuk menghindari kebiasaan tidur larut kamu-kamu harus mencermati kebiasaan yang dapat menyebabkan insomnia. Berikut ini lima contoh kebiasaan penyebab insomnia.

Ngemil di malamhari

Ngemil sering dilakukan banyak orang. Padahal kebiasaan ini dapat menyebabkan gastroesophageal reflux disorder (GERD) yang dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tenang menjelang tidur.

Nonton TV

Seseorang sering kali memilih menonton tv sebelum tidur dengan tujuan membuat mata kantuk. Padahal saat kita menonton tv yang terjadi adalah detak jantung semakin meningkat dan otak menjadi akti fsehingga justru membuat kita tidak mengantuk. Apalagi jika kita menonton acara kriminal atau horor. Sejumlah dokter menyarankan membaca lebih baik untuk merilekskan tubuh dibanding menonton tv.


Lembur/ Ngerjain PR terlau larut

Terlalu sering lembur atau mengerjakan pr terlalu larut, dapat menyebabkan stres yang memicu insomnia. Hal ini akan membuat otak menjadi waspada, serta meningkatkan adrenalin dan kadar stres.

Ngobrol

Hindari aktivitas ngobrol dengan teman kamu entah itu chatingan di facebook, BBM-an atau lainnya menjelang tidur. Biasanya saat ngobrol tanpa disadari mata sulit terpejam dan memakan waktu cukup lama. Hindari juga menelepon saat tidur, meskipun menggunakan headset. Sebab, saat mata tertidur otak kita tetap aktif menangkap suara sehingga membuat tidur tidak nyenyak. Saat bangun kita pun akan merasa lelah, terutama pening  di bagian kepala.

Olahraga malam


Hindari olahraga di malam hari. Setelah berolahraga endorfin dan metabolisme tubuh kita akan meningkat yang meyebabkan rasa semangat. Hal ini menyebabkan kita sulit tertidur karena tubuh dalam energi penuh

No comments:

Post a Comment