Monday 5 October 2015

REMAJA YANG TAAT AKAN ATURAN



Sahabat kreatif,
 Disaat sekarang ini, tidak menutup kemungkinan keberadaan kendaraan pribadi entah itu roda 2 seperti motor ataupun kendaraan roda 4 seperti mobil menjadi salah satu yang menunjang penampilan dan aktivitas kamu tiap harinya. Sebagai seorang remaja yang sudah mengendarai kendaraan tentunya kamu-kamupun harus memiliki tanggungjawab dan rasa disiplin dalam mematuhi setiap aturan yang telah ada dan ditetapkan oleh pihak yang terkait.

Nah,,,
Apa sajakah yang sebaiknya remaja lakukan dan bawa tiap kali bepergian menggunakan kendaraan pribadi??? Share disini yachh sahabt kretaif,,, agar bisa juga menjadi masukan buat sahabat kreatif yang lain yang juga memiliki kendaraan pribadi dan memakainya tiap hari, so,,, saat di jalan kita gak kena tilang dechhh,,, hehehhehe. Kita juga bakalan perbincangkan dengan narasumber dari pihak yang terkait di bidang lalulintas ini, untuk sekedar memberikan kamu-kamu pencerahan terkait remaja yang juga harus taat terhadap aturan.
  
Sahabat kreatif,,,,

Saat ini pasti kamu-kamu juga udah  terbiasa melakukan mobilitas dengan kendaraan bermotor ataupun kendaraan roda 4. Nah,,, ada Banyak hal yang membuat kamu memilih naik sepeda motor , antara lain karena bisa menyelinap pas lagi macet dan irit bahan bakar

Nah,,, kali ini ada sedikit informasi juga buat kamu-kamu yang kesehariannya menggunakan kendaraan pribadi menuju ke sokalh. Yachhh,,, boleh dibilang bisa menjadi referensi kamu agar lebih aman dan juga nyaman saat berkendara yachhhh...

Sahabat kreatif,,,,

Untuk berkendara dengan aman dan nyaman ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan , yaitu :

       1. Kelengkapan motor : plat nomor dan kaca spion .

Sebenernya banyak kelengkapan dari motor tapi yang paling banyak digunakan dan disorot oleh pihak polisi adalah plat nomor dan kaca spion. Memang kita bisa saja menghindari pada saat ada polisi tidak memakai plat nomor atau kaca spion , namun kalau kita lihat dari fungsinya , kelengkapan ini sangat penting.
Untuk plat nomor berguna untuk memberi dentitas motor kita, ini sangat berasa sekai pentingnya pada saat kita masuk ke tempat parkir.
Untuk kaca spion berguna untuk membantu kita melihat belakang pada saat mau belok atau mau nyalip kendaraan lain, dengan adanya kaca spion kita bisa memperkirakan gerakan motor kita dengan lebih aman.







2.  Kelengkapan Alat pengaman diri : Helm, jaket, masker , pelindung dada dan sarung tangan
Kelengkapan pengaman diri ini sangat penting sekali terutama kalau kita akan menempuh jarak jauh , apabila ingin menempuh jarak dekat cukup dengan helm dan jaket.

Helm dan jaket menjadi komponen sangat penting dalam berkendara sepeda motor. Sekali lagi, kita memakai alat pengaman diri bukan karena takut ditilang polisi tapi kita harus sadari bahaya berkendara motor itu selalu ada .

Dengan kelengkapan helm dan jaket kita bisa melindugi kepala dan badan kita apabila memang musibah yang tidak bisa kita hindarkan .

Untuk berkendara jauh perlu kita memakai masker untuk menghindari polusi yang ada dijalan. Adapun masker dan sepatu berfungsi untuk mejaga kulit kita dari panasnya siang atau dinginya malam hari.

Alat kelengkapan diri yang kita pakai ini bisa menjadi tolak ukur seberapa besar dan peduli kita merawat diri kita. Bukan dengan alas an takut ditilang kita baru memakai alat pengaman diri saat berkendara motor tapi karena kesadaran kita untuk menjaga diri kita terutama kepala kita yang sangat berharga.

3. Kelengkapan surat – surat kendaraan.
Untuk selalu kita ingat kita harus membawa STNK, SIM dan KTP. Dari ketiga itu yang paling penting adalan STNK. Apabila kita ditilang polisi dan tidak bisa menunjukan STNK kita maka bisa dipastikan kita disuru pulang untuk ngambil STNK ( kejam sie haha) tapi memang begitu aturannya karena maraknya pencurian motor maka polisi akan menahan motor yang tidak ada STNK. Apabila kita membawa lengkap data diri dan motor kita seperti 3 diatas maka pada saat ada razia dijalan pun dijamin kita akan selamat tanpa perlu keluar biaya sepeserpun dan kalaupun kita ditilang maka biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar.

4. Sopan saat berkendara dan menghormati kendaraan lain
Setelah kita telah mempersiapkan 3 hal tadi, maka point terakhir yang harus kita lakukan adalah berkendara dengan sopan dan menghormati pengendara lain. Apabila hal tersebut tidak dilakukan maka tidak maksimal persiapan berkendara kita.

Walaupun kita sudah memakai alat keamanan diri dan motor namun kita masih berkendara dengan ugal – ugalan maka kemungkinan untuk terjadi kecelakaan pun masih besar dan membahayakan diri kita dan orang lain.

Perlu ada kesadaran dari diri untuk berkendara dengan sopan , sopan yang berarti boleh ngebut asal kita tau kondisi dan pelan pun juga dikondisi yang sesuai.

 Kita juga perlu menghormati pengendara lain karena memang kita bersama – sama memakai jalan umum, Jadi jangan habiskan energy kita untuk berdebat, ngotot atau marah dengan pengendara lain tentang hal – hal sepele sepeti kesenggol sedikit dan tidak diberi jalan.

Memang dalam dijalan bisa dibilang kita sudah lelah dan stress, entah karena pekerjaan dikantor, poluis dijalan atau macetnya perjalanan namun jangan menambahkan kekesalan kita pada pengendara lain, lebih baik kita mengalah dan saling menghormati agar terciptanya suasana berkendara yang aman dan nyaman.


Hati-hati di jalan yachhh sahabat kreatif....

No comments:

Post a Comment