Monday 5 October 2015

Pancing Keoptimisan Kamu



Sahabat Kreatif,,,

Dihari-haris ibuk sekolah seperti sekarang ini tentunya banyak dong tugas-tugas yang harus kamu segera rampungkan, entah itu PR dalam setiap mata pelajaran di sekolah kamu ataupun juga kegiatan-kegiatan ekskul yang ada. Pernah ga’ sichh kamu merasa kurang pede dengan setiap tugas yang telah kamu selesaikan tetapi ga’ tahu hasilnya gimana???

Nah,,,
Rasa optimis sangatlah diperlukan sahabat kreatif buat kamu-kamu dalam melakukan segala sesuatunya. Karena bersikap optimis akan membantu kita percaya diri dalam penyelesaian tugas-tugas kita. Bener ga’ sich statement ini??? Kamu setuju atau tidak??? Nah apakah akan ada kaitannya dengan psikologis seseorang terkait sikap optimis ini???

Sahabat keratif,,,
Tidak pernah sepenuhnya percaya diri? Saatnya ganti pola pikir kamu dengan latihan sederhana untuk bisa selalu optimis dalam segala hal, diantaranya sahabat kreatif yaitu:

  • Lepaskan dan ucapkan selamat tinggal.
Tutup mata dan bayangkan melihat kekhawatiran yang kamu rasakan menghanyut pergi di atas perahu kertas atau balon. Kedengarannya mungkin lucu—bahkan agak aneh. Tapi riset membuktikan bahwa visualisasi kreatif bisa mengubah pola pikir dan perasaan yang sedang dialami. Dengan kata lain, pikiran manusia memang lebih cepat menyerap visual ketimbang kata-kata.

  • Tunda rasa panik.
Kekhawatiran hanya akan merasuki dan menguasai diri jika kamu membiarkannya. Jika kamu tidak mampu mengatasi kepanikan atau masalah saat itu juga, berhenti sebentar dan kembalilah setengah jam kemudian untuk mencari solusinya. Atau, keluarkan masalah itu dari pikiran kamu untuk sementara dengan melakukan olahraga. Memegang kendali atas situasi yang ada memungkinkan kamu mengeluarkan ide-ide kreatif saat sedang terdesak.

  • Pikirkan saja hal-hal yang baik.
Sebelum memulai segalanya, pikirkan tiga hal baik yang akan kamu lakukan hari ini, misalnya sekadar membantu teman atau melengkapi to-do list kamu hari ini. Fokus pada kesuksesan kamu.  Dengan begitu, perlahan-lahan kamu belajar melihat hidup dalam sudut pandang yang lebih baik.
  • Kerahkan seluruh kemampuan  kamu.

Apa hal terbaik yang bisa kamu lakukan? Entah di rumah, di kampus, di sekolah. Terapkan keahlian kamu dalam konteks yang berbeda. Kalau kamu suka menghibur teman se-geng dengan cerita lucu, cobalah membawa humor tersebut saat makan di kantin sekolah/ kampus untuk membangun hubungan dengan teman-teman kamu. Hal ini bisa membuat orang melihat kamu sebagai sosok yang berbeda, dan bisa membuat kamu lebih percaya diri.

No comments:

Post a Comment