Monday 5 October 2015

BUSWAY HADIR DI MAKASSAR,,, HMMMM!!!

Sahabat kreatif,,,,
Ketika kamu melintas beberapa titik jalan diseputaran kota Makassar, terlebih lagi saat melintas di depan beberapa kampus yang ada di kota daeng ini,,, kamu-kamu pasti sering melihat keberadaan bangunan kecil yang nota bene adalah Halte, pas didepan kampus-kampus yang ada di kota ini. Seperti di depan Universitas negri Makassar UNM, Universitas Hasanuddin UNHAS, dan banyak lagi.

Nah sahabat kreatif,,,,
Apakah kamu salah satu yang senang dengan keberadaan Busway ini??? Atau apakah kamu setuju dengan kehadirannya atau bagaimana????


Sahabat kreatif,
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel berencana menggenjot pengoperasian penggunaan sarana angkutan umum Bus Trapid Transit (BST) atau yang populer disebut busway Januari 2015 mendatang. Sebelumnya BRT telah beroperasi dikoridor Mal Trade Center ke Mal Panakukang.

Bahkan saat ini Pemprov Sulsel menuntaskan pembangunan sarana dan prasarana busway koridor tiga. Jalur koridor tiga dimulai dari perbatasan Maros-Makassar melewati Perintis Kemerdekaan-Terminal Regional Daya-AP Pettarani-Sultan Alauddin-Sultan Hasanuddin Gowa, dan berakhir di Terminal Bantu Pallangga Gowa.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Provinsi Sulsel, Masykur Sulthan, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, untuk kordidor III, pihaknya  sementara membangun sejumlah halte atau tempat pemberhentian bus. Halte-halte tersebut ditempatkan di depan kampus yang akan dilewati busway.
Urip Sumiharjo.

Di Jalan AP Pettarani, halte akan ditempatkan di depan STIA LAN dan Universitas Negeri Makassar. Sementara di Jalan Sultan Alauddin, beberapa halte dibangun, diantaranya di depan STIE Nobel dan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Menurut rencana, koridor tiga itu akan diujicobakan pada Januari 2015 mendatang.
Saat ini, 10 unit busway telah diujicobakan di dua koridor. Koridor satu melewati jalan mulai dari depan Terminal Regional Daya hingga AP Pettarani. Sementara koridor dua menghubungkan Mal GTC dan Mal Panakkukang Makassar. Sejumlah jalan yang dilewati diantaranya Jalan Metro Tanjung Bunga, Jalan Penghibur, Ahmad Yani, Gunung Bulusaraung, Masjid Raya, Urip Sumoharjo, AP Pettarani, dan berakhir di depan Mal Panakkukang Jalan Boulevard.Masykur menambahkan, dalam waktu dekat, akan ada penambahan 30 unit armada busway baru dari pemerintah pusat sehingga nantinya total busway akan akan beroperasi sebanyak 40 unit.


Terkait anggaran pembangunan koridor tiga itu, menurut Masykur pihaknya tidak terlalu tahu pastinya karena masuk dalam klausul anggaran pembangunan beberapa koridor busway yang kembali akan dikerjakan setelah koridor tiga rampung.
Tahun ini, Pemprov menganggarkan Rp2,5 miliar untuk proyek BRT tersebut. 

No comments:

Post a Comment