Monday 5 October 2015

JADI PAHLAWAN DI MUSIM PENGHUJAN YUKKK!!!!


Sahabat Kreatif,,,
Musim hujan sudah mulai datang. Buat kamu-kamu smua sahabat keratif  yang sering jadi langganan banjir, pasti sudah siap-siap membantu mengungsikan barang-barang berharga di rumah ke tempat yang lebih tinggi.

Well, banjir memang jadi salah satu tamu tahunan buat orang yang tinggal di dataran rendah. Meski begitu, bukan berarti kita pasrah saja saat banjir datang. Yuk, mulai membantu ortu dan warga di sekitar untuk mencegah datangnya banjir di lingkungan rumah kita.
Cara-Cara agar terhindar dari namanya banjir antara lain:

Bikin Resapan Air
Salah satu faktor yang bikin air hujan menggenang adalahkurangnya titik resapan air saat hujan turun. Ditambah, banyak tempat di sekitar kita yang tanahnya tertutupi lapisan aspal, beton, ataupun cor semen. Air pun semakin sulit masuk ke tanah. Oleh karena itu, buatlah lubang biopori di sekitar halaman rumah. Sampah organik yang ditimbun pada lubang sedalam 1 meter ini akan menciptakan pori-pori dalam tanah sehingga meningkatkan kemampuan tanah untuk meresap air. Minta bantuan papa atau orang dewasa lainnya untuk ikut membuat lubang biopori, ya…

Bersihkan Got
Jangan biarkan got di sekitar rumah kita penuh oleh sampah organik ataupun non organik. Kalau got penuh, aliran air pun akan terhambat. Makanya, ajaklah orang di rumah untuk membersihkan got yang ada. Got yang bersih dari sampah akan membuat air melaju lebih lancar dan nggak mampet. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin, ya! Selain bikin aliran air menjadi lebih lancar dan mencegah banjir, got yang bersih juga nggak menjadi sarang nyamuk dan penyakit.

Buang Sampah Pada Tempatnya
Selain faktor tanah dan kebersihan, pengelolaan sampah juga jadi salah satu faktor penting untukmencegah banjir. Makanya, mulailah untuk membuang sampah pada tempatnya untuk memimalisir tumpukan sampah di sekitar rumah kita. Selain itu, ini juga bisa membantu para pengumpul sampah rumah tangga untuk mengerjakan tugasnya, lho.Tapi, kalau kita merasa sudah membuang sampahpada tempatnya dan masih sering terkena banjir walau hanya semata kaki, berarti kita harus mengajak warga di sekitar rumah untuk melakukan hal serupa


No comments:

Post a Comment